KEMENTERIAN PERTANIAN
2022-12-12

Kementerian
Pertanian (Kementan) dianugrahi predikat kepatutan pelayanan publik tahun 2022
oleh lembaga negara Ombudsman RI atas capaian kinerja yang sangat memuaskan.
Kementan sendiri mendapat skor atau nilai cukup tinggi yaitu sebesar 94,24.
Ketua Ombudsman
RI, Mokhammad Najih mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan bagian dari
hasil identifikasi kompetensi penyelenggaraan pelayanan publik yang sudah
melalui proses panjang dalam menentukan kelayakan.
"Termasuk
kecukupan pemenuhan sarana dan prasarana pelayanan, pemenuhan komponen standar
pelayanan publik dan pengelolaan pengaduan penyelenggara. Kerangka kerja ini
merupakan bagian dari pelaksanaan program prioritas nasional yang menjadi tugas
Ombudsman terutama di bidang pencegahan maladministrasi," ujar Najih,
Kamis, 22 Desember 2022.
Secara umum,
kata Najih, penilaian ini dilaksanakan dengan melibatkan jajaran Ombudsman RI
tingkat pusat maupun tingkat perwakilan. Penilaian ini juga didasarkan pada
kepatuhan yang dilaksanakan berasaskan prinsip integritas, keadilan dan
kepatuhan nondiskriminasi. Dengan kata lain tidak memihak akuntabilitas,
keseimbangan, keterbukaan dan kerahasiaan.
"Artinya
penilaian ini secara mandiri dilaksanakan oleh tanpa melibatkan pihak ketiga,
sebagai upaya untuk memperoleh penilaian yang objektif independen dan
transparan," katanya.
Sementara untuk
ruang lingkup penilaian sendiri dikatakan Najih meliputi kepatuhan penyelenggaraan
pelayanan publik terhadap pemenuhan standar pelayanan publik berdasarkan
undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan objek penilaian seperti
pada Kementerian, lembaga dan pemerintah provinsi.
"Kami
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa
wawancara kepada penyelenggara layanan dan masyarakat melalui observasi
ketampakan fisik atau teks dan pembuktian dokumen pendukung," katanya.
Menteri
Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menyampaikan terimakasih atas
kepercayaan Ombudsman dalam menetapkan Kementan sebagai kementerian yang
memiliki nilai bagus pada pelayanan publik selama tiga tahun terakhir.
"Hanya
dengan pemerintahan yang baik dan berpihak pada rakyat, yang melindungi rakyat,
yang bisa menjanjikan kesejahteraan only strong and good governance can do Fast
dan bentuk melindungi dan memberi rahmat pada rakyat itu adalah bentuknya
pelayanan, pelayanan publik. Oleh karena itu apa yang Ombudsman berikan ini
sesuatu yang luar biasa karena tidak gampang untuk patuh pada dinamika publik
yang ada," jelasnya.
Berita Terbaru